KEPALA DESA SITUGEDE PEDULI BKM PWD SITUGEDE

Posted at : 7 Dec 2022

Kepala Desa Situgeude

Kelapa Desa Situgede

Peran Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) sebagai agen pembangunan di sebuah desa sudah menjadi keharusan untuk selalu eksis. Namun, perjuangan BKM untuk selalu eksis di tengah masyarakat bukanlah pekerjaan yang mudah. Karena mencari seorang relawan untuk aktif tidaklah mudah.

Bapak Dedi Suryadi, seorang Kepala Desa   Situgede   yang   akhirnya   tergera hatinya untuk mengaktifkan dan membenahi keanggotaan BKM PWD Situgede kemudian atas dukungan dari Tim Fasilitator langsung bergegas mengumpulkan seluruh aparat desa Situgede untuk mengadakan rapat. Hal itu dilakukan agar secepat mungkin aparat desa mampu menggerakkan masyarakat khususnya para RT/RW setempat untuk melakukan pencarian anggota baru di tingkat basis, dengan cepat mengadakan pemilihan di tingkat basis dan memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa BKM PWD Situgede akan kembali dihidupkan kegiatan pemberdayaan masyarakatnya yang lama vakum tidak ada kegiatan termasuk perguliran UPKnya.

Bahkan tak hanya itu, ada faktor lain yang kadang menjadi penghambat ketidakeksisan BKM seperti pentolan atau Koordinator BKM yang lama memilih aktif di suatu kegiatan partainya dan menyatakan mundur.

BKM PWD Situgede yang sebelumnya dijabat oleh Bapak Apep sebagai Koordinator BKM sangat eksis dalam hal membawa BKM PWD Situgede sebagai agen pembangunan, dan hingga tiba waktunya masa jabatan anggota BKM habis dibiarkan begitu saja. Proses siklus yang biasa berjalan mulus, kini mulai terkikis dan hilang ruh pemberdayaan yang selama ini terbangun Tim 4 Faskel  Kabupaten Garut pun sempat kesulitan untuk menghidupkan kembali BKM PWD Situgede.

Kerja keras yang diupayakan Bapak Dedi Suryadi tentu tidak berjalan instan karena beberapa kali harus kembali mengumpulkan aparat desa serta masyakarat. Kerja   Kera yang   dilakuka Pemerintah Desakhirnya  membuahkan  hasil  karena  warga desa situgede akhirnya memenuhi undangan dari desa perihal Pemilu  BKM PWD Situgede. Terlebih masa BKM PWD Situgede yang telah habis, maka langkah yang diambil oleh Kepala Desa Situgede sejalan dengan apa yang telah termaktub dalam anggaran dasar BKM yang harus segera melakukan kegiatan pemilu ulang BKM PWD Situgede.

Kepala  Desa  mengundang  seluruh  RW dan RT beserta tokoh masyarakat untuk membahas kelanjutan dari BKM PWD Situgede. Didapati poin penting dari hasil rapat tersebut salah satunya terbentuknya panitia pemilu ulang BKM PWD Situgede.

Panitia pemilu ulang BKM yangtelah dibentuk secara langsung menyusun agenda kerja selanjutnya yakni menyusun RKTL pelaksanaan pemilu ulang di tingkatan basis. Panitia pemilu sepakat bahwa akan segera melakukan  tugasnya  untuk  terus  mengawal kegiatan pemilu ulang di tataran basis atau RT. Senada dengan pesan yang disampaikan Bapak Dedi Suryadi , beliau meminta agar panitia pemilu BKM yang telah terbentuk itu mampu mengemban tugasnya dengan baik dan menjunjung tinggi profesionalitas.

Hasil dari tingkat basis di bawa ke pemilu tingkat Desa situgede pada hari Jum’at tanggal 26 Agustus 2022 terlaksana kegiatan pemilu tingkat Desa Situgede dan menghasilkan pengurus baru BKM PWD Situgede terpilih 13 anggota BKM baru dan langsung memilih ketua koordinator BKM saudara Jujun yang di saksikan langsung oleh kepala Desa Situgede Bapak Dedi Suryadi.



Kepala Desa Situgede Bapak Dedi Suryadi bangga sudah terbentuknya BKM PWD Situgede semoga membawa perubahan dalam pemberdayaan masyarakat semoga nantinya kedepan dapat mengawal kegiatan infrastukur dan pembangunan untuk mengurangi kumuh baru dan dapat menata lingkungan yang asri. *Ahmad

 

There are currently no posts.