Kisah Lapang_Mutiara dari Selatan

Posted at : 19 Apr 2021

 

 

Nun jauh disana, di Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Garut, ada satu desa dampingan fasilitator tim 02 cash for work ( CFW) 1 Kabupaten Garut, yang merupakan lokasi desa dampingan terjauh dari delapan desa yang mendapat program CFW, yaitu  Desa Sirnabakti. Lokasinya hampir dekat dengan pesisir pantai selatan yang terkenal sebagai salah satu tempat wisata di Jawa Barat

Program cash for work (CFW) bagi  masyarakat Desa Sirnabakti Kecamatan Pameungpeuk, masih terasa asing di telinga, walaupun merupakan bagian dari kegiatan program kotaku di tahun 2021, yang merupakan program pemerintah yang  dimotori oleh    badan keswadayaan masyarakat (BKM) tentu sudah tidak asing lagi, sebuah lembaga kemasyarakatan yang status legalitas formalnya adalah berakta notaris..  yang mana para anggotanya terdiri dari warga  masyarakat  Desa Sirnabakti,  yang representatip yakni hasil pemilihan mulai dari tingkat basis RT sampai ke tingkat desa, dengan tidak mencalonkan dan tidak dicalonkan serta tidak ada kampanye,  dalam hal ini  masyarakat memilih sesuai dengan hati nuraninya masing-masing .

BKM Desa Sirnabakti  sebagai koordinatornya adalah sosok ibu yang baik dan aktif dan kreatif terutama punya rasa peduli kepada permasalahan yang ada di masyarakat,  namanya adalah Ibu Ernawati. Pada program CFW (Cash For Work) Desa Sirnabakti merupakan program padat karya tunai khusus untuk warga masyarakat yang terdampak Covid 19, terutama bagi warga yang terhambat perekonomiaannya karena terkena PHK, turun penghasilannya, yang akan memunculkan warga miskin baru.

Kegiatan CFW ini merupakan kegiatan perbaikan infrastruktur yang telah dibangun oleh Program PNPM dengan katagori kerusakan sedang dan ringan atau pemeliharaan berkala, dengan perbandingan antara HOK dan material (55% : 45%)  dengan jumlah bantuan dana sebesar Rp. 300.000.000 , alokasi untuk kegiatan padat karya, peningkatan ketrampilan masyarakat, kegiatan penunjang keselamatan SMK3, BOP BKM, administrasi dan sosialisasi.

There are currently no posts.